Jumat, 03 Agustus 2018

Pelatihan Paskibra Nalumsari, Latihan PBB di Sekolahan Modal Dasar Pelatihan


Jepara – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) dituntut untuk kompak dan rapi saat melakukan baris berbaris. Berbagai materi latihan kepemimpinan baris berbaris (LKBB) diberikan kepada peserta yang akan mengibarkan Sang Merah Putih pada upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73.

Anggota Koramil 05/Mayong Dim 0719/Jepara Pelda Suwarindan Serda Muslikun bersinergi dengan anggota Polsek Nalumsari Bripka Guntur dalam melaksanakan pelatihan pasukan pengibar bendera (Paskibra) upacara peringatan Kemerdekaan RI tingkat kecamatan Nalumsari di Lapangan SMPN 2 Nalumsari Jepara, Kamis (02/08/2018).

"Materi yang saya berikan di mulai dengan materi gerakan dasar dulu, gerakan dasar itu artinya PBB di tempat dan gerakan PBB berjalan. Gerakan PBB di tempat itu banyak rangkaiannya, yaitu sikap sempurnya, jalan di tempat, penghormatan dan lain sebagainya," ujar Pelda Suwarin.

Selain gerakan PBB di tempat ada juga gerakan jalan. Di sini pelatih akan memperhatikan ayunan tangan hingga langkah kaki agar anggota Paskibra indah dilihat saat mengibarkan Sang Saka Merah-Putih.

Sebagai pelatih, Pelda Suwarin banyak melihat perkembangan peserta didiknya saat pertama kali tiba lokasi latihan. Modal PBB yang di latihkan di sekolah-sekolah menjadi modal dasar latihan Pasukan Pengibar Bendera Tingkat kecamatan ini.

"Mereka sudah ada modal dasar namun perbedaan gerakan tentunya ada, Jadi mereka sedikit kaget lah mungkin ada perbedaan. Ya ada perubahan sedikit lah yang saya rubah, mungkin gerakan ini untuk membentuk kekompakannya agak sulit, jadi saya butuh waktu yang benar-benar ketat untuk melatih mereka," jelas Pelda Suwarin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Up