Senin, 23 Juli 2018

Upacara Bendera Minggu Militer Kodim Jepara, Cerminan Nilai-Nilai Budaya Bangsa


Jepara – Upacara bendera merupakan makanan bagi seorang prajurit, baik di batalyon maupun satuan teritorial. Menurut artinya upacara bendera adalah kegiatan pengibaran atau penurunan bendera kebangsaan RI Sang Merah Putih, yang dilaksanakan pada saat-saat tertentu atau saat yang telah ditentukan, yang diselenggarakan secara tertib dan khidmat.

Seperti yang di laksanakan Kodim 0719/Jepara, pada kesempatan minggu militer ini senin pagi di laksanakan upacara bendera, yang di ikuti oleh seluruh prajurit Kodim 0719/Jepara dan PNS Kodim 0719/Jepara serta anggota Babinminvetcad Jepara, (23/07/2018).

Bertindak sebagai Inspektur upacara Danramil 03/Batealit Kapten Czi Dono Susilo, perwira upacara Pasipersdim Kapten Inf Suyoto dan Komandan upacara Danramil 02/Kedung Kapten Inf Sumidi.

Pada hakekatnya upacara bendera adalah pencerminan dari nilai-nilai budaya bangsa yang merupakan salah satu pancaran peradaban bangsa, hal ini merupakan ciri khas yang membedakan dengan bangsa lain.

Disamping untuk melatih kedisiplinan seorang prajurit, Upacara bendera juga mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Bila anda mampu berdisiplin, maka pada saat pengibaran bendera itu, hati anda akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya. Di sanalah terlihat bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Upacara bendera juga mengajarkan pada kita untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat seorang prajurit tahu akan sejarah bangsa Indonesia.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Up