Kamis, 12 Juli 2018

Rapat Kordinasi Pakem, Pasi Intel Dim Jepara Ajak Ciptakan Hidup Rukun


Jepara -Bertempat di Gedung lantai II Omah Jagong Jepara telah dilaksanakan Rapat Kordinasi Pembinaan Penghayat Kepercayaan Masyarakat Kabupaten Jepara yang diselenggarakan oleh Bakesbangpol Kabupaten Jepara dan diikuti sekitar 50 tamu undangan, Rabu siang (11/07/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ka kesbangpol Jepara Drs Dwi Riyanto, Kasi intel Kajaksaan Negeri Jepara Yoga Sukmana, Kabid Kesbang dan PMA Bpk. Rustamaji, Kasatbinmas Polres Jepara AKP. Hadi Suprastowo, Pasi Inteldim 0719/Jepara Lettu Inf Mukholik, Kasi Pengawasan masalah aktual kesbangpol Bpk Sutrisno, KBO Sat Intelkam Polres Jepara Iptu Adhi Purnomo, Kemenag Kab Jepara diwakili Bpk Kuswanto, Disdikpora Kab Jepara, Tokoh penghayat kepercayaan masyarakat kab Jepara (Ngawulo Gusti, Majlis subud kepercayaan, Himpunan penghayat kepercayaan, Kapribaden, Surya nuswantara).

Kakesbangpol Drs Dwi Riyanto dalam sambutannya menyampaikan Keputusan MK ada sesuatu yang membahagiakan bahwa aliran kepercayaan bisa dicantumkan dalam KTP ini adalah perjuangan panjang terkait Nama di KTP dan pemakaman, Peran bapak ibu sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat di daerah masing dalam rangka mendukung misi pemkab Jepara dibidang pembangunan dan kemasyarakatan, Bahwa Jepara ini dengan adanya PLTU ada perubahan besar kab jepara yaitu perjuangan panjang terkait jalan tengguli. Demak sd PLTU akan dijadikan proyek nasional dan pasti akan menemui kendala tanpa dukungan masyarakat kab Jepara.

Sementara Pasi Inteldim Lettu Inf Mukholik menyampaikan Alhamdulillah hari acara bisa dilakukan di gedung omah Jagong yang diprakarsai oleh forkopimda di rumah jagong adalah tempatnya menampung aspirasi masyarakat Jepara dan silahturahmi oleh forkopimda dengan masyarakat, Ciptakan situasi dan kondisi khususnya adanya aliran kepercayaan tidak ada singgungan dalam kehidupan bermasyarakat sehingga bisa hidup rukun dan tercipta situasi aman, Kita antisipasi dan waspadai walaupun Jepara aman namun kita perlu berhati hati terhadap aksi teror terkait kerukunan antar masyarakat, Dandim sangat peduli tekait kebersihan di alun alun yang turun langsung ikut membersihkan sekitaran alun alun yang bertujuan agar lingkungan bersih dan memberikan contoh kepada masyarakat tentang perilaku hidup bersih.

Dari Kemenag Jepara Kuswanto menyampaikan bahwa Seluruh warga Indonesia sesuai KTP akan tercantum aliran kepercayaan, Ada seksi Binmas islam yang bertugas mendampingi dan membina terkait agama dan keyakinan, Kami sudah mempunyai data agama dan ormas dan kami belum mempunyai pengurus penghayat kepercayaan untuk itu kami tidak bisa melaksanakan silaturahmi maupun pembinaan, Ada instrumen monitoring dari Dirjen melalui kanwil untuk kami isi salah satunya tentang aliran kepercayaan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Up