Selasa, 17 Juli 2018

Prosesi Jembul di Desa Tulakan Donorojo Jepara, Koramil 12/Donorojo terlibat Pengamanan


Jepara - Bertempat di halaman rumah Petinggi Desa Tulakan Bapak Sutrisno tepatnya di dukuh Krajan Rt 03 Rw 02 Desa Tulakan Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara di laksanakan Prosesi Jembul dalam rangka sedekah Bumi Desa tulakan yang merupakan tradisi/Budaya rutin yang dilaksanakan tiap tahunnya, yang diikuti sekitar 10.000 orang, Senin (16/07/2018).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Jepara Kh Ahmad Marzuki SE, Forkopimcam Donorojo, Petinggi dan perangkat Desa Tulakan, Perwakilan dari Humas Diskom Info Kab Jepara.Toga, Tomas dan tamu undangan.

Kegiatan ini mendapatkan pengamanan dari Koramil 12/Donorojo sebanyak 5 orang, Polres Jepara 10 orang, Polsek Donorojo 10 orang serta Linmas 8 orang dengan Sususnan acara Pembukaan di lanjutkan Sambutan sambutan, kemudian penampilan Kesenian Tayub, Memutari Jembul dan Mengembalikan jembul serta Penutup. Yang mana jembul tersebut berasal dari 5 dukuh yaitu Dukuh Krajan, Dukuh Ngemplak. Dukuh Drojo, Dukuh Pejing, dan Dukuh Winong.

Dalam kesempatan itu Petinggi Desa Tulakan Bpk. Sutrisno SH menyampaikan Kami atas nama pemerintahan Desa Tulakan mengucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan acara prosesi/tradisi Jembul ini, Pemerintah Desa Tulakan telah banyak menciptakan berbagai macam prestasi demi kemajuan Desa Tulakan, Prosesi Jembul / upacara yg dilaksanakan ini merupakan kepercayaan masyarakat setempat yg di sejarahi oleh Ratu Kalinyamat, Dengan cita2 Ratu kalinyamat untuk mecari keadilan atas terbunuhnya sultan hadirin (suami dari ratu kalinyamat) oleh Aryo penangsang, sehingga dalam pencarian keadilan Ratu Kalinyamat bersinggah di Bukit Donorojo tepatnya petilasan di dkh Sonder Desa Tulakan ini, Maka dari itu masyarakat Donorojo terpanggil utk meneruskan tradisi bersejarah ini.

Sementara  Bupati Jepara Kh. Ahmad Marzuki SE dalam sambutannya menyampaikan Kami atas nama pemerintah Kabupaten Jepara mengucapkan terimakasih banyak atas terselenggaranya acara ini, yang merupakan salah satu Budaya yang ada di Jepara yg harus dilestarikan, Semoga kegiatan ini adalah wujud syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan karunianya, Kegiatan jembul tulakan ini merupakan salah satu potensi wisata yg ada di jepara yg harus tetap di lestarikan samoai kapanpun, Potensi wisata yg ada di jepara sangat hal uni dibuktikan bahwa Daerah Jepara mempunyai pulau terbanyak dibandingkan daerah lain, Kami dari pemerintah jepara berharap semoga perekonomian Desa Tulakan dapat berkembang semakin baik yang dampaknya dapat dirasakan oleh warga masyarakat setempat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Up