Kamis, 12 Juli 2018

Laksanakan Ubinan Bersama PPL, Babinsa Bandengan Jelaskan Manfaatnya


Jepara – Para petani biasanya selalu merasa penasaran ingin mengetahui jumlah hasil yang akan didapat dari budidaya tanaman padinya tersebut, namun para petani akan mengetahui jumlah hasil yang didapat setelah seluruh petakan sawahnya selesai dipanen, namun bagaimana untuk mengetahui jumlah perkiraan hasil panen yang didapat tanpa harus memanen petakan sawah seluruhnya? salah satu metode untuk mengetahui perkiraan hasil tersebut adalah dengan cara metode ubinan.

Seperti yang di laksanakan oleh Babinsa Bandengan Koramil 01/Jepara Serka Hadi Sumarto yang mendampingi Plt Danramil 01/Jepara Pelda Ashuri melaksanakan rangkaian giat Upsus, ubinan di sawah Sekembu desa Bandengan kecamatan jepara Kabupaten Jepara bersama PPL kecamatan Jepara dan Kelompok Tani Karya Tani II di sawah milik Bapak Maskan (53) dengan jenis padi IR 64 Hasil ubinan 5,83 kg x 1600 dengan perbandingan 1 Hektar di perkirakan menghasilkan 9,328 ton, Kamis (12/07/2018).

Menurut babinsa Bandengan Serka Hadi Sumarto di temui seusai melaksanakan ubinan bersama PPL Kecamatan Jepara menjelaskan Metode Ubinan merupakan salah satu metode dalam dunia pertanian untuk mengetahui perkiraan dari jumlah hasil yang akan didapat pada saat panen. Ubinan dapat diterapkan pada budidaya tanaman padi dengan cara sederhana, kitu cukup mengukur beberapa meter untuk dijadikannya tolak ukur atau perwakilan dari jumlah hasil perpetak sawah yang ingin kita ketahui hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Up