Kamis, 12 Juli 2018

Babinsa Kauman Hadiri Sosialisasi Stop BABS


Jepara - Babinsa Kelurahan Kauman Koramil 01/Jepara Dim 0719/Jepara Koptu Ahmad Noor Asyiq menghadiri Sosialisasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang di selenggarakan oleh Puskesmas Kecamatan Jepara dan DKK Kabupaten Jepara di Masjid At Taqwa Rt 04/05 Kelurahan Kauman Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara, Kamis (12/07/2018).

Hadir dalam acara tersebut Lurah Kauman yang di wakili Sekretaris Lurah, Babinsa Kauman Koptu Ahmad Noor Asyiq, Bapak Ratno dari Puskesmas Jepara, Ketua  Rt4/5 Kelurahan Kauman, Perangkat Kelurahan Kauman dan Warga Rt 04/05 Kelurahan Kauman kurang lebih 30 orang.

Bapak Ratno dari Puskesmas Jepara dalam sosialisasinya menyampaikan Deklarasi Stop BABS ingin mendorong masyarakat meninggalkan perilaku berisiko melalui peningkatan sanitasi yang layak. Ada empat kategori penyakit yang terkait dengan air. Pertama, air minum yang mengandung patogen mengakibatkan penyakit diare. Kedua kurangnya air higienis untuk mandi dan mencuci menyebabkan penyakit jamur atau kudis. Ketiga, bibit penyakit yang memiliki siklus hidup melalui air seperti Schistosomiasis. Keempat, vektor yang hidupnya bergantung pada air, seperti malaria dan demam berdarah

Mencuci tangan pakai sabun setelah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kotoran, Pengelolaan makanan dan minuman yang sehat, Pengolahan sampah yang berserakan, Pengolaan limbah cair rumah tangga. Dan salah satu solusinya dengan pembuatan wc komunal yang dalam hal ini bantuan dari pemerintah adalah pembuatan saluran kotoran dan wc umum ke tiap tiap rumah warga.

Sementara itu Babinsa Koptu Ahmad Noor menyampaikan bahwa diadakan sosialisasi stop buang air besar sembarangan ini salah satu tujuannya agar masyarakat sadar dan mengetahui akibat buang air besar sembarangan, membudayakan perilaku BAB sehat yang dapat memutus alur kontaminasi kotoran manusia sebagai sumber penyakit secara berkelanjutan, menyediakan dan memelihara sarana BAB yang memenuhi standar dan persyaratan kesehatan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Up