Minggu, 24 Juni 2018

Dandim Jepara Hadiri Prosesi Larungan Kepala Kerbau di TPI Ujungbatu Jepara dan Festival Kupat Lepet Pesta Lomban Tahun 2018 di Lapangan Pantai Kartini




 Jepara - Bertempat di TPI Ujungbatu dan Lapangan pantai Kartini Kabupaten Jepara telah dilaksanakan kegiatan Prosesi Larungan Kepala Kerbau dan Festival Kupat Lepet Pesta Lomban Tahun 2018 Kabupaten Jepara yang diikuti sekitar 2500 orang, Sabtu pagi (23/06/2018).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Jepara KH Ahmad Marzuki SE beserta ibu, Dandim 0719/Jepara Letkol Czi Fahrudi Hidayat ST beserta ibu, Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho SIK beserta ibu, Ketua Pengadilan Agama Drs H Imam Safii SH MH beserta ibu, Ketua DPRD Jepara H Junarso beserta ibu, Wakil bupati Jepara H Dian Kristiandi S Sos beserta ibu, Sekda Jepara Ir Sholih MM beserta ibu, Wakil ketua Pengadilan Negeri Jepara Muslim SH, OPD kabupaten Jepara, Muspika kota Jepara dan Warga Jepara dan sekitarnya.

Acara Larungan Kepala Kerbau di TPI Ujungbatu di buka dengan seni tari Sernemi, di lanjutkan dengan Pembacaan ayat suci Al-Quran, di lanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Jepara, Laporan ketua Panitia Kadiparbud Jepara, Sambutan-sambutan, Doa bersama, Pemotongan Tumpeng oleh Bupati Jepara dan dilanjutkan Pelarungan.

Dalam laporan Ketua Panitia, Kadisparbud menyampaikan puji syukur kehadirat Allah SWT karena bisa dipertemukan dalam acara Pelarungan dan pesta Lomba, Bersama ini kami ijin menyampaikan laporan terkait kegiatan pelarungan kepala kerbau dan pesta Lomban tahun 2018 Kab. Jepara, Maksud diadakan acara ini sebagai pelestarian budaya dan promosi potensi wisata di Kab. Jepara, Tujuannya kegiatan ini agar wisata di Kab. Jepara makin dikenal oleh wisata lokal maupun mancanegara.

Sementara itu Bupati Jepara menyampaikan kepada pengunjung dan peserta acara pesta lomban agar menjaga ketertiban agar dalam pelaksanaannya aman dan terkendali, Kepada seluruh masyarakat yang mengikuti acara ini kami minta berdoa bersama dengan membaca Al fatihah untuk junjungan kita Nabi Muhammad SAW, Semoga rahmat dan hidayah-Nya dalam pelaksanaan acara pesta Lomban ini diberikan keselamatan bagi kita semua.

Dalam proses Larungan kepala kerbau, di ikuti oleh 200 armada kapal, di antaranya Kapal Patroli Pos Kamla Jepara, Kapal LCR Kompi Air Bek-Angdam IV/ Diponegoro, Kapal Patroli Pol Airud Jepara, Kapal Basarnas Jepara, Kapal Syahbandar Jepara dan Kapal Nelayan Jepara. Larungan di mulai dari TPI Ujungbatu menuju dermaga Pantai kartini Jepara, dan di lanjutkan dengan Festival Kupat Lepet Pesta Lomban 2018.

Dalam kegiatan Festival Kupat Lepet, pesta Lomban Tahun 2018 di lapangan Pantai Kartini, menampilan Machiband SMK Bakti Praja Jepara, pencak silat dari DKD, drama kolosal Pantomin dari DKD ( Dewan Kesenian Daerah), Pemotongan pita gunungan kupat lepet oleh Bupati dan didampingi Forkopimdadan Hiburan panggung seni.

Dalam kesempatan itu, Bupati Jepara dalam sambutannya menyampaikan Yang saya hormati seluruh undangan yang hadir dalam acara festival ketupat, lepet serta warga Jepara dan wisatawan yang ada di Pantai Kartini, Puncak acara satu pekan syawal baru selesai kita laksanakan dalam kaadaan aman semoga membawa berkah bagi kita semua, Acara satu pekan syawal sebenarnya kita laksanakan pada hari Jum'at, akan tetapi kita alihkan pada hari sabtu dikarenakan situasi, Acara pesta lomban dengan festival kupat, lepat Tahun 2018 semoga membawa barokah bagji masyarakat Jepara






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Up