Selasa, 22 Mei 2018

Sosialisasi STBM, Babinsa Kedung Sarimulyo Lakukan Pendampingan



Jepara – Bertempat di Kantor Balai Desa Kedung Sarimulyo Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara, Babinsa Koramil 05/Mayong Dim 0719/Jepara Serma Sutarto menghadiri pendampingan Sosialisasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang di selenggarakan Puskesmas Welahan II, Senin (21/05/05).

Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini di hadiri Ibu Zuzina Isnaina dari Puskesmas Welahan II, Babinsa Kedungsarimulyo Serma Sutarto, Petingi Dan Perangkat Desa Kedungsarimulyo, Ketua Rt se-desa Kedungsarimulyo, Ibu-ibu PKK
Kedungsarimulyo sekitar 50 orang.

Dalam kesempatan itu Petinggi Desa Kedungsarimulyo Bapak Kunzaini dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Pihak Puskesmas Welahan II dan seluruh tamu undangan. Kunzaini menghimbau agar masyarakat Kedungsarimulyo mendukung program Sosialisasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), karena ini adalah progam pemerintah dan sangat bermanfaat bagi seluruh warga. Dan untuk ketua Rt dan Ibu-ibu PKK supaya menyampaikan hasil sosialisasi nanti kepada warga sekitarnya.

Sementara itu Ibu Zuziana dalam pemaparannya menjelaskan tujuan dari pada Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah pendekatan kepada warga masyarakat untuk merubah perilaku Higiene dan Sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Program Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ini di khususkan untuk skala Rumah Tangga sehingga Program ini adalah program yang berbasis masyarakat. “Salah satu dari Lima pilar STBM adalah Stop BAB sembarangan, yang mana masyarakat di ajak untuk tidak buang air besar sembarangan seperti disungai, dihutan atau pun disembarangan tempat yang bisa berakibat menjadi tempat perkembangbiakan serangga atau binatang penular penyakit, ol;eh karena itu warga Kedungsarimulyo di harapkan di tiap rumahnya mempunyai wc/jamban, sehingga kesehatan lingkungan dapat di jaga”, tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Up